Apa Vitiligo ?

Vitiligo ( vit - sakit- EYE -go ) adalah gangguan di mana melanosit ( sel-sel yang membuat pigmen ) di kulit , selaput lendir ( jaringan yang melapisi bagian dalam dari mulut dan hidung dan area genital dan dubur ) , dan pigmentasi retina ( lapisan bagian dalam bola mata ) yang hancur . Akibatnya , bercak putih pada kulit muncul pada bagian tubuh yang berbeda . Rambut yang tumbuh di daerah yang terkena vitiligo biasanya berubah menjadi putih .

Penyebab vitiligo tidak diketahui , tetapi dokter dan peneliti memiliki beberapa teori yang berbeda . Satu teori adalah bahwa orang mengembangkan antibodi yang merusak melanosit dalam tubuh mereka sendiri . Teori lain adalah bahwa melanosit menghancurkan diri mereka sendiri . Akhirnya , beberapa orang telah melaporkan bahwa peristiwa tunggal seperti terbakar sinar matahari atau tekanan emosional dipicu vitiligo , namun peristiwa ini belum terbukti secara ilmiah menyebabkan vitiligo .

Siapa yang Terkena Vitiligo ? Sekitar 1 sampai 2 persen dari populasi dunia , atau 40 sampai 50 juta orang , memiliki vitiligo . Di Amerika Serikat , 2 hingga 5 juta orang mengalami gangguan tersebut . Sembilan puluh lima persen orang yang memiliki vitiligo mengembangkan sebelum ulang tahun 40 mereka. Gangguan tersebut mempengaruhi semua ras dan kedua jenis kelamin sama .

Vitiligo tampaknya lebih umum pada orang dengan penyakit autoimun tertentu ( penyakit di mana sistem kekebalan tubuh seseorang bereaksi terhadap organ atau jaringan tubuh sendiri ) . Ini penyakit autoimun termasuk hipertiroidisme (kelenjar tiroid yang terlalu aktif ) , insufisiensi adrenocortical ( kelenjar adrenal tidak menghasilkan cukup hormon yang disebut kortikosteroid ) , alopecia areata ( bercak kebotakan ) , dan anemia pernisiosa ( tingkat rendah sel darah merah yang disebabkan oleh kegagalan tubuh menyerap vitamin B - 12 ) . Para ilmuwan tidak tahu alasan hubungan antara vitiligo dan penyakit-penyakit autoimun . Namun, kebanyakan orang dengan vitiligo tidak memiliki penyakit autoimun lainnya

Vitiligo mungkin juga keturunan , yaitu, dapat berjalan dalam keluarga . Anak-anak yang orang tuanya mengalami gangguan yang lebih mungkin untuk mengembangkan vitiligo . Namun, sebagian besar anak-anak tidak akan mendapatkan vitiligo bahkan jika orang tua memiliki itu , dan kebanyakan orang dengan vitiligo tidak memiliki riwayat keluarga gangguan .

Apa Apakah Gejala Vitiligo ? Orang yang mengembangkan vitiligo biasanya pertama melihat bercak putih ( depigmentasi ) pada kulit mereka . Patch ini lebih sering terjadi di daerah terkena sinar matahari , termasuk tangan , kaki , lengan, wajah , dan bibir . Area umum lain untuk bercak putih muncul adalah ketiak dan pangkal paha dan sekitar mulut , mata , hidung , pusar , dan alat kelamin .

Vitiligo umumnya muncul dalam salah satu dari tiga pola . Dalam satu pola (pattern fokus ) , depigmentasi ini terbatas hanya untuk satu atau beberapa daerah . Beberapa orang mengembangkan patch depigmentasi hanya pada satu sisi tubuh mereka (pola segmental ) . Tapi bagi kebanyakan orang yang memiliki vitiligo , depigmentation terjadi pada berbagai bagian tubuh ( pola umum ) . Selain bercak putih pada kulit , penderita vitiligo mungkin memiliki beruban prematur rambut kulit kepala , bulu mata , alis , dan jenggot . Orang dengan kulit yang gelap mungkin akan melihat hilangnya warna di dalam mulut mereka .

Patch depigmented Akan Menyebar ? Tidak ada cara untuk memprediksi jika vitiligo akan menyebar . Bagi sebagian orang , patch depigmentasi tidak menyebar . Gangguan ini biasanya progresif , bagaimanapun, dan dari waktu ke waktu bercak putih akan menyebar ke area lain dari tubuh . Bagi sebagian orang , vitiligo menyebar perlahan , selama bertahun-tahun . Bagi orang lain , menyebarkan terjadi dengan cepat . Beberapa orang telah melaporkan depigmentasi tambahan berikut masa-masa stres fisik atau emosional .

Bagaimana Vitiligo Didiagnosis ? Jika dokter mencurigai bahwa seseorang memiliki vitiligo , ia biasanya dimulai dengan menanyakan orang tentang sejarah medis nya . Faktor-faktor penting dalam sejarah medis seseorang adalah sejarah keluarga vitiligo , ruam , terbakar sinar matahari , atau trauma kulit lainnya di lokasi vitiligo 2 sampai 3 bulan sebelum depigmentasi dimulai , stres atau sakit fisik, dan prematur ( sebelum usia 35 ) beruban rambut . Selain itu, dokter harus mengetahui apakah pasien atau siapa pun dalam keluarga pasien yang punya penyakit autoimun dan apakah pasien sangat sensitif terhadap matahari . Dokter kemudian akan memeriksa pasien untuk menyingkirkan masalah medis lainnya . Dokter mengambil sampel kecil ( biopsi ) dari kulit yang terkena . Dia juga mengambil sampel darah untuk memeriksa jumlah sel darah dan fungsi tiroid . Untuk beberapa pasien , dokter mungkin merekomendasikan pemeriksaan mata untuk memeriksa uveitis ( peradangan bagian dari mata ) . Sebuah tes darah untuk mencari adanya antibodi antinuclear (sejenis autoantibodi ) juga dapat dilakukan . Tes ini membantu menentukan apakah pasien memiliki penyakit autoimun lainnya .

Bagaimana Orang Bisa Cope Dengan Aspek Emosional dan Psikologis Vitiligo ? Perubahan dalam penampilan yang disebabkan oleh vitiligo dapat mempengaruhi seseorang emosional dan psikologis kesejahteraan dan dapat menciptakan kesulitan dalam mendapatkan atau mempertahankan pekerjaan . Orang dengan gangguan ini bisa mengalami stres emosional , terutama jika vitiligo berkembang pada wilayah tubuh yang terlihat , seperti wajah , tangan, lengan , kaki , atau alat kelamin . Remaja , yang sering sangat peduli tentang penampilan mereka , bisa hancur oleh vitiligo luas . Beberapa orang yang telah vitiligo merasa malu , malu , depresi , atau khawatir tentang bagaimana orang lain akan bereaksi

Beberapa strategi dapat membantu seseorang mengatasi vitiligo . Pertama , adalah penting untuk menemukan dokter yang memiliki pengetahuan tentang vitiligo dan mengambil gangguan serius . Dokter juga harus menjadi pendengar yang baik dan dapat memberikan dukungan emosional . Pasien perlu membiarkan dokter mereka tahu jika mereka merasa tertekan karena dokter dan profesional kesehatan mental lainnya dapat membantu orang menangani depresi . Pasien juga harus belajar sebanyak mungkin tentang pilihan gangguan dan pengobatan sehingga mereka dapat berpartisipasi dalam pengambilan keputusan penting tentang perawatan medis .

Berbicara dengan orang lain yang memiliki vitiligo juga dapat membantu seseorang mengatasi . Vitiligo Nasional Yayasan dapat memberikan informasi tentang vitiligo dan merujuk orang untuk bab lokal yang memiliki kelompok pendukung pasien , keluarga , dan dokter . Keluarga dan teman-teman adalah sumber dukungan .

Beberapa orang dengan vitiligo telah menemukan bahwa kosmetik yang menutupi bercak putih memperbaiki penampilan mereka dan membantu mereka merasa lebih baik tentang diri mereka sendiri . Seseorang mungkin perlu bereksperimen dengan beberapa merek menyembunyikan kosmetik sebelum menemukan produk yang terbaik .

Apa Pilihan Pengobatan Apakah Tersedia ? Tujuan dari mengobati vitiligo adalah untuk mengembalikan fungsi kulit dan untuk memperbaiki penampilan pasien . Terapi untuk vitiligo membutuhkan waktu yang lama - biasanya harus dilanjutkan selama 6 sampai 18 bulan . Pilihan terapi tergantung pada jumlah bercak putih dan seberapa luas mereka dan pada preferensi pasien untuk pengobatan . Setiap pasien merespon secara berbeda terhadap terapi , dan pengobatan tertentu mungkin tidak bekerja untuk semua orang . Pilihan pengobatan saat ini untuk vitiligo meliputi terapi medis , bedah , dan adjunctive ( terapi yang dapat digunakan bersama dengan perawatan bedah atau medis ) .

1-646-513-4168
07624093186
+92 300 4341851
+44 76 24093186